Minggu, 28 Oktober 2012

Kisah Katak Tuli

Diceritakan, ada sebuah belangga besar berisi susu. Namun susu yang terisi di belangga itu hanya separuh dari besarnya belangga itu. Lalu ada sekitar sepuluh katak berada dan terjebak di dalamnya. Di satu jam pertama semua katak itu melompat dan berusaha keluar dari belangga itu. Nampaknya mereka kesulitan keluar dari belangga karena mereka tidak memiliki pijakan yang keras untuk melompat. Sangat sulit melompat didalam air meskipun itu air susu.



Waktu pun terus berlalu. sudah lima jam berlalu. Masih ada sekitar 6 katak yang terus melompat dan gagal. Semakin lama jumlah katak yang melompat semakin berkurang. Saat sudah berlalu 15 jam, hanya tinggal 2 katak yang melompat, katak yang lain sudah meti karena kelelahan berusaha melompat selama berjam jam lamanya.

http://www.ahmadyusrie.com

Akhirnya salah satu dari kedua katak yang masih hidup ini menyerah dan dia memilih untuk membiarkan dirinya mati tenggelam di kubangan susu tadi. Namun katak terakhir tadi tidak memperdulikan teman-temannya yang lain yang sudah mati. Dia tetap berusaha melompat dengan sisa tenaga yang dimilikinya.

Ternyata diatas belangga ada banyak katak lain yang menyoraki katak itu. Mereka berteriak ,"Apa yang kau lakukan? Berhentilah melompat. Lihatlah teman-teman disekitarmu. Mereka mati kelelahan. Seberapapun kau coba, kau tidak akan bisa keluar dari belangga ini!".

Setelah terus berusaha, akhirnya dengan sebuah keajaiban katak tadi berhasil melompat keatas dan berhasil keluar dari belangga itu. Namun bagaimana mungkin? "Hei..bagaimana mungkin kau bisa keluar dari belangga itu? Apa yang baru saja kau lakukan?", tanya katak yang berada di atas sedari tadi.

Katak yang berhasil keluar pun menjawab ,"Terima kasih kawan, karena semangat yang kau teriakkan kepadaku aku bisa keluar dari belangga itu".

Apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata, katak yang melompat tadi tuli. Dia tidak dapat mendengar apapun. Saat katak yang berada diatas tadi berusaha meyakinkannya untuk menyerah saja, katak itu menganggap katak itu sedang memberi semangat kepada dirinya untuk berusaha terus dan terus.

Lalu bagaimana katak itu bisa berhasil keluar dari belangga itu. Ternyata air susu yang sedari tadi itu telah mengeras dan berubah menjadi keju. Sehingga cukup keras untuk dijadikan katak tadi untuk melompat keluar.

Sahabat alqo yang baik hatinya, apa pelajaran yang bisa kita petik dari kisah ini. Semangat pantang menyerah dari katak patut kita contoh. Telinganya yang tuli mengajarkan kita untuk tetap fokus pada tujuan kita tanpa memperdulikan sekitar kita. Terserah orang lain mau berkata apa, yang penting kita terus mengejar impian kita. Bagaimana caranya biarlah Tuhan yang mengaturnya, keju itu adalah jawaban jalan terbaik dari Tuhan. Semoga bermanfaat. (alqo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar